Costa Rica : 250 Hari Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Energi Terbarukan - Nusantara Renewable Energy Club

Post Top Ad

Thursday, April 27, 2017

Costa Rica : 250 Hari Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Energi Terbarukan

Costa Rica merupakan negara terkecil kedua di regional amerika tengah, hanya memiliki luas 51 ribu km persegi atau sepersembilan luas pulau sumatra. Negara ini juga berada di iklim tropis seperti Indonesia. Tapi tingkat ke-teraliri-listrik rumah tangga di Costa Rica mencapai 99.4 %.

Dari Laporan ICE, Instituto Costarricense de Electricidad, PLN + Telkmo-nya Costa Rica, pada pertengahan Desember 2016, disebutkan bahwa mereka menggunakan pembangkit listrik tenaga energi terbarukan selama 25o hari penuh pada 2016 dan secara total 98.1 % listrik yang di konsumsi di Costa Rica pada 2016 berasal dari pembangkit listrik tenaga energi terbarukan seperti yang dikutip dari laman berita progresif, mashable.com.


sumber dan hak milik: COSTA RICA ELECTRICITY INSTITUTE

Kehandalan Costa Rica ini bisa menjadi jawaban atas banyak keraguan terhadap penggantungan kebutuhan energi, terutama listrik, dari sumber energi tertbarukan. Dengan bertumpu pada sumber energi terbarukan, Costa Rica berhasil memenuhi kebutuhan dasar mereka tersebut.

Pasti akan ada cibiran atau sekedar pendebatan bahwa keberhasilan Costa Rica tidak mencerminkan hal yang  besar karena Costa Rica bukanlah negara Industri sehingga kebutuhan energi nya hanyalah pada kebutuhan rumah tangga dan industri pariwisata, sangat kontras dengan Republik Rakyat Tiongkok dan negara industrialis besar lainnya yang kebutuhan energinya sangatlah besar.

Apapun itu, rekor yang ditorehkan oleh Costa Rica ini dapat menjadi pemantik dan semangat bagi Indonesia. Toh, tidak semua daerah di Indonesia yang merupakan daerah industri dan daerah dengan kebutuhan energi yang besar.

sumber:http://mashable.com/2017/01/01/costa-rica-renewable-energy-2016/#v473SIlnxOqZ




No comments :

Post a Comment

ads2