85% Listrik Dari Energi Terbarukan di Jerman Pada #MayDay 2017 - Nusantara Renewable Energy Club

Post Top Ad

Monday, May 8, 2017

85% Listrik Dari Energi Terbarukan di Jerman Pada #MayDay 2017

Sebuah laporan dari laman cleantechnica.com bahwa pada libur panjang akhir pekan #MayDay 2017 yang lalu, konsumen listrik di Jerman menggunakan listrik yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Energi Terbarukan 85% dari total konsumsi pada akhir pekan tersebut. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, Pembangkit Listrik Tenaga Tenaga Surya, Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa, dan Pembangkit Listrik Tenaga Air menjadi tumpuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.



Patrick Graichen dari Agora Energiewende Initiative mengatakan "Banyak dari PLTU yang tidak aktif pada 30 April tersebut, secara keseluruhan di Jerman, porsi pembangkit listrik dari energi terbarukan saat itu mencapai 85%. Bahkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir juga sangat berkurang"

Dia juga menambahkan  bahwa yang terjadi di Jerman pada akhir pekan yang digunakan para buruh untuk memperingati perjuangan mereka dalam mendapatkan hak-hak mereka adalah kondisi normal di Jerman sehingga langkah Jerman untuk phase out dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir merupakan langkah dengan solusi yang tepat. 

Jerman merupakan salah satu negara terbaik di Bumi saat ini dalam hal penggunaan energi baru terbarukan. Mereka telah mulai menyadari tidak dapat bertumpu pada energi fosil dan harus menggunakan energi bersih dan terbarukan sejak dekan 1990an. Dengan semangar #EnergieWende atau Revolusi Energi, Republik Federal Jerman menyusun kerangka kebijakan yang sangat rapi dan baik sehingga mereka dapat memanfaatkan Energi Terbarukan sebagai tulang punggung mereka. 

sumber: https://cleantechnica.com/2017/05/08/germany-breaks-solar-record-gets-85-electricity-renewables/

No comments :

Post a Comment

ads2