Energi Surya Masa Depan Afrika - Nusantara Renewable Energy Club

Post Top Ad

Thursday, May 18, 2017

Energi Surya Masa Depan Afrika



Hal tersebut diungkapkan oleh Jo Dean, the South African Solar Photovoltaic Committee chairperson di  Power & Electricity World Africa 2017 Johannesburg beberapa waktu yang lalu seperti yang dilaporkan renewableenergyworld.com. Beliau menyampaikan selama 2016, 100 MW pembangkit listrik tenaga surya skala kecil di bangun di wilayah Afrika Selatan. Nilai tersebut 100% lebih banyak dari capaian pada tahun 2015.

Dia juga yakin kapasitas pembangkit listrik tenaga surya di Afrika Selatan akan menjadi 100 GW pada 5 tahun sampai 10 tahun mendatang melalui private power purchase agreements. Yang akan menjadi tantangan selain masalah klasik pendanaan adalah masalah teknikal dimana kurangnya tenaga teknis mengerti dan bisa melaksanakan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya di Afrika Selatan.

Negara-negara di Afrika setiap tahunnya menghabiskan belanja mereka untuk batubara, kerosin, dan lilin sebesar 10 Miliyar Dolar AS. Dengan majunya teknologi pembangkit listrik tenaga surya serta penggunaan yang makin baik, mereka akan menghemat banyak dana dan kontribusi untuk Bumi yang lebih baik.

Kondisi di Indonesia sebenarnya jauh lebih baik dari pada Afrika secara garis besar, Indonesia juga memiliki target pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya dalam beberapa tahun ke depan. Namun jika dibandingkan dengan target Afrika Selatan, bahkan India, nilai itu bisa jauh lebih.

sumber dan hak milik gambar:
http://www.renewableenergyworld.com/articles/2017/05/why-the-future-of-africa-lies-in-solar-power.html

No comments :

Post a Comment

ads2