INDIA MENCARI DANA PENSIUN DUNIA UNTUK MEMBIAYAI PROYEK PLTS MEREKA - Nusantara Renewable Energy Club

Post Top Ad

Tuesday, May 9, 2017

INDIA MENCARI DANA PENSIUN DUNIA UNTUK MEMBIAYAI PROYEK PLTS MEREKA

Sebagai negara yang sangat getol dalam penggunaan pembangkit listrik tenaga surya di dunia, Pemenrintah India, melalui Perdana Menteri Narendra Modi, menargetkan pendanaan sebesar 100 Miliyar Dolar AS dalam lima tahun ke depan. Dana sebesar tersebut akan digunakan untuk membangun 100 GW Pembangkit Listrik Tenaga Surya di India seperti yang dijanjikan Pemerintah India dalam The Jawaharlal Nehru National Solar Mission.

Dana 100 Miliyar Dolar AS tersebut diharapkan didapat dari long-term returns on green investments dengan suku bunga dan parameter menarik lainnya. Laman berita reuters.com melaporkan bahwa beberapa pengelola dana pensiun di dunia tertarik untuk berinvestasi dengan paket green investments pada industri pembangkit listrik tenaga surya di India. 

Menurut Investments Guru mereka, pasar  industri pembangkit listrik tenaga surya di India sangatlah menarik dan potensial. Pemerintah India memiliki target besar dan jelas serta ditolong oleh harga bahan baku untuk modul surya yang terus-terus turun.

Beberapa dana pensiun yang siap berinvestasi di industri pembangkit listrik tenaga surya di India antara lain Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB), Caisse de dépôt et placement du Québec (CDPQ), and Ontario Teacher's Pension Plan (OTPP). Caisse de dépôt et placement du Québec (CDPQ) sendiri telah berinvestasi telah berkomitmen pada beberapa proyek PLTS yang sudah in the pipeline dengan kapasitas 1000 MW.

Tidak hanya dana pensiun dari Kanada, beberapa investor seperti as Dutch fund manager APG, Canada's Brookfield Asset Management, the private equity arms of Goldman Sachs, JPMorgan and Morgan Stanley, and European utilities EDF, Engie and Enel juga menyatakan ketertarikan mereka.

Iklim investasi di bidang energi terbarukan  terutama tenaga surya memang dijaga sangat baik oleh Pemerintah India sehinga investor luar negeri merasa sangat nyaman berinvestasi di India. Pemerintah Indonesia harus dapat belajar banyak dengan keberhasilan Pemerintah India ini.


No comments :

Post a Comment

ads2