MEMBANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ENERGI TERBARUKAN DENGAN SKEMA KERJASAMA PEMERINTAH DAN BADAN (KPBU) - Nusantara Renewable Energy Club

Post Top Ad

Monday, May 15, 2017

MEMBANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ENERGI TERBARUKAN DENGAN SKEMA KERJASAMA PEMERINTAH DAN BADAN (KPBU)

Pemerintah Kota Tanggerang, melalui Walikota nya, Arief Rachadiono Wismansyah menyampaikan mengusulkan kepada Menteri Keuangan agar memasukan  proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Kota Tanggerang sebagai salah satu dari 7 proyek pembangunan infrastruktur di daerahnya dengan skema kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU).

Masing-masing daerah memiliki satu proyek infrastruktur prioritas yang diusulkan untuk dibangun. Sri Mulyani pun memberikan dukungan kelayakan berupa pembiayaan secara tunai atas sebagian konstruksi dan penjaminan risiko politik atas kewajiban keuangan penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK).

"Jadi, bagaimana mengatasi masalah-masalah yang ada dengan melakukan inovasi dalam hal pembiayaan, sehingga tidak sepenuhnya membebani APBN dan APBD," ujar Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/5/2017).(detik.com 13 May 2017)

Dengan jaminan dukungan dari Kementerian Keuangan tersebut, diharapkan pembangunan pembangkit listrik dari enegi terbarukan ini dapat berjalan baik dan berkontribusi pada bauran energi terbarukan.

Pembangunan pembangkit listrik energi terbarukan (PLT EBT) dapat dibangun dalam beberapa skema keuangan dengan tujuan yang berbeda. Pembangunan PLT EBT bisa menggunakan APBN 100% sebagai salah bentuk kewajiban pemerintah untuk memberi listrik bagi rakyatnya. Skema ke 2 yaitu swasta murni, dimana PLT EBT dibangun oleh pihak swasta dan bertujuan dengan PLT EBT tersebut sang perusahaan mendapatkan keuntungan. Skema lainnya yaitu skema kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU), dengan skema tersebut, tak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur semata namun pembangunan kualitas SDM turut tumbuh. Kami akan membahas lebih detail tentang skema KPBU bagi Proyek PLT EBT di lain kesempatan.

Sumber:

No comments :

Post a Comment

ads2