PARKIR MOBIL MENJADI PRODUKTIF DENGAN PEMASANGAN PLTS DI AUSTRALIA - Nusantara Renewable Energy Club

Post Top Ad

Tuesday, May 16, 2017

PARKIR MOBIL MENJADI PRODUKTIF DENGAN PEMASANGAN PLTS DI AUSTRALIA

Sebuah pusat perbelanjaan di Northam, Australia Barat, merenovasi lahan parkir mobil mereka dengan memasangkan modul surya sebagai pelindung mobil dibawahnya. Laman berita onestepoffthegrid.com.au melaporkan bahwa Northam Boulevard Shopping Centre mengganti atap parkir mobil dengan PLTS yang berkapasitas 910 kW.

Northam Boulevard Shopping Centre sendiri dimiliki oleh Padaman Group yang salah satu anak perusahaannya adalah  Perdaman Advanced Energy yang mengerjakan renovasi dari lahan parkir tersebut.

Chairman Padaman Group, Vikas Rambal, menyampaikan bahwa perusahaan mereka juga akan fokus pada investasi di pembangkit listrik energi terbarukan di Australia Barat. "Pemasangan atap parkir dengan modul surya ini akan menghasilkan listrik lebih dari 1 Juta kWh setiap tahunnya atau setara 40% kebutuhan  pusat perbelanjaan ini. Lahan Parkir yang baru ini memberikan area tertutup yang cukup bagi mobil pengunjung tetapi juga mengubah lahan kosong ini menjadi lebih produktif. 

Dilaporkan bahwa Padaman Group menghabiskan 15 juta Dolar Australia atau setara 150 miliyar rupiah untuk merenovasi Northam Boulevard Shopping Centre  secara keseluruhan.

Potensi PLTS rooftoop di Indonesia sebenarnya sangatlah besar terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, yang patut ditunggu adalah regulasi mengenai PLTS Rooftop dan skema bisnis yang tepat antara pemilik dengan PLN sebagai pembeli listrik dari pembangkit satu-satunya di Indonesia. 

sumber berita dan sumber foto : https://onestepoffthegrid.com.au/wa-shopping-centre-cuts-grid-power-40-solar-car-park/?utm_content=buffer24513&utm_medium=social&utm_source=twitter.com&utm_campaign=buffer

No comments :

Post a Comment

ads2