Zimbabwe Berencana Membangun PLTS 1000 MW hingga 2025 - Nusantara Renewable Energy Club

Post Top Ad

Monday, July 10, 2017

Zimbabwe Berencana Membangun PLTS 1000 MW hingga 2025

Apa yang terlintas di pikiran rekan-rekan ketika mendengar kata Zimbabwe? saya pribadi ketika mendengar kata Zimbabwe, hal pertama muncul dalam otak kecil saya adalah uang kertas seratus triliun dolar zimbabwe. Denominasi uang terbesar ke 2 di dunia ini yang pernah ada. Setelah satu miliyar triliun pengo - Hungaria.

Image result for 1 million dollar zimbabwe
(Dok. Common.wikimedia.org)

Kita bisa membayangkan kondisi keuangan bagaimana parahnya kondisi keuangan negara yang berada di selatan Benua Afrika ini. Laporan dari laman berita CNN menyebutkan bahwa pada puncak krisis ekonomi, harga-harga barang naik dua kali lipat setiap harinya. Satu dolar AS dihargai tiga puluh lima triliun dolar Zimbabwe.

Cerita itu berlangsung hingga akhir dekade pertama milenium ketiga ini, sekarang Presiden Mugabe beserta rakyatnya mulai merintis hidup yang lebih baik, pada 2014 misalnya GDP mereka tumbuh 3,2 persen.

Saat ini seperti negara maju dan "negara berusaha berkembang" lainnya, Zimbabwe juga ingin memberi andil pada perkembangan energi terbarukan untuk Bumi yang lebih baik, meskipun penggunaan energi terbarukan merukan sebuah keharusan untuk mengatasi berakhirnya masa-masa mudah mendapatkan sumber energi fosil.

Laman berita positif energi  terbarukan dunia, cleantechnica.com baru baru ini merilis sebuah kabar bahwa telah menyusun rencana penggunaan pembangkit listrik tenaga surya sebeser 1000 MW pada 2025 nanti. Sebagai langkah awal, Pemerintahan Zimbabwe dibawah arahan Presiden Mogube, beserta jajarannya di Ministry of Environment, Water and Climate dan Ministry Of Energy and Power Development.

Pada laporan yang disusun tersebut, diuraikan tentang target spesifik mereka beserta bantuan finansial yang akan diberikan pada pengembang proyek pembangkit energi terbarukan tersebut. Zimbabwe akan menyusun sebuah green energy fund sebagai skema pembiayan proyek tersebut dengan garansi penuh dari pemerintah (sovereign guarantees).

Sebagai negara yang berkutat dengan krisis ekonomi, bahkan sosial jika kita lihat secara kasat mata kondisi penduduk Zimbabwe, langka Pemerintahan Zimbabwe yang dapat menyusun target penggunaan energi terbarukan, khususnya energi surya, untuk pemenuhan kebutuhan energi mereka sangat lah patut di apresiasi. Pemerintahan negara berdaulat haruslah seperti itu, melihat masalah yang akan timbul di masa depan dan mulai menerapkan solusinya dari sekarang agar anak cucu kita di bumi ini dapat hidup berkelanjutan.

Indonesia pastinya jauh lebih baik dari Zimbabwe, pada bidang energi terbarukan juga seharusnya

sumber:
https://cleantechnica.com/2017/07/08/zimbabwe-plans-1-gigawatt-renewables-capacity-2025/

No comments :

Post a Comment

ads2